Saturday, March 15, 2008

Tamansari Jogjakarta

 
Kunjungan terakhir ke Jogja akhir Feb kemaren gw nyempetin maen ke Tamansari, salah satu situs yg baru gw tau, ga sengaja liat di internet sblm boarding pesawat di Cengkareng. Situs ini dibangun oleh Hamengkubuwono I tahun 1757. Fungsinya untuk beberapa hal sih, dari tempat istirahat, menjamu tamu, pertahanan, sampai buat menjebak musuh (intinya sih pas musuh masuk smua bakal ditenggelemin...katanya). Sayang situs ini sudah rusak berat, bangunan utamanya masih ada tapi diantara reruntuhan sudah banyak dihuni oleh penduduk. Dikolam ini sih cerita yang paling menarik (menurut gw loh), karena disana biasa diisi oleh wanita2 yang cantik (katanya sih cantik2) dan telanjang!!!.....OMG!!!! can't u believe that...an medieval orgy party?!?!? hihihih...mereka adalah para selir sultan, nanti sultan akan menonton dari menara paling atas dan bila dia menemukan selir mana yang beruntung, dia akan melempar bunga dari atas....lah kalo lemparannya ga pas gimana?!?!? makanya isinya cantik2 smua, jadi kalo mbleset ke sebelahnya ya ndak masalah...kebayang kalo isinya 50 wanita wuuueeelek sama satuuuuuuu wanita cuantik....bakal stress pasti sang sultan pas ngelempar. Nah begitu sudah dilempar bunganya, sang selir yang palah ditimpuk harus masuk ke gedung dan dibalik gedung ada kolam yang lebih kecil buat....dah ah...pikir ndiri aja buat apanya, yang jelas pas gw kesana didalem kolam kecil cuma ada kadal mati ngambang.
 
Tamansari seperti gw bilang diatas punya fungsi buat pertahanan, nah ternyata dibawah tamansari ini banyak lorong2 bawah tanah, ada mesjidnya juga. Lorong2 ini katanya menuju beberapa tempat, diantaranya kraton, candi prambanan, pantai selatan, sama HK Disney Land (amiieeeen...pengen ksana lagi...hiks...ada yg mo bayarin?!). Ada 3 peta lorong bawah tanah, peta 1 untuk umum, peta 2 dan 3 rahasia, cuma orang kraton yang punya salinannya. Ini karena menjaga kemungkinan bila kita dijajah kembali, jadi bisa ngabur...hmmm, pake satelite jaman sekarang jadi percuma kali, mo nungging didalem terowongan juga keliatan.
 
Tapi ngebayangin bagaimana kehidupan disini dulu bener2 memancing imajinasi (selaen yg kolam tadi loh...ini imajinasi serius). Kompleks tamansari yang konon punya sungai jembatan (entah gimana), konon ada kanal-kanal yang saling menghubungkan antara gedung2 dan merupakan sarana transportasi. Bisa kebayang sih megahnya seperti apa dulu, sekarang cuma reruntuhan. Dulu katanya kompleks ini bisa ditenggelamkan dan menjebak penjajah yang mencoba masuk kedalamnya....lah orang2 yang didalem terowongan piye?!?!? matek kabeh?!?
 
Situs ini overall worth visiting lah, apalagi buat para banci kamera yang hobinya difoto dan merasa dirinya fotogenik over PD serta sangat-sangat narcis mencoba menutupi kekurangan mukanya dengan background yang indah. Tapi gw bukan termasuk orang kek gitu...buktinya ga ada satupun foto gw kan?!?!? (Kampret...gw dateng sendirian sih). Tamansari cuma 10 menit dari kratonan kok, numpak becak yo iso...tinggal kpeleset nyampe...bayar limang ewu beres. Deket pasar ngasem (pasar burung). Luv to visit this site again....once I have a qualified person to take good pictures with camera...hehehe...well, senen-selasa depan gw ke jogja lagi sih, but on full sched, keknya ga mungkin ke Tamansari...nggudek aja sama ngambing depan hotel...nyamm

5 comments:

Bijuk said...

1. panjang
2. nice pics taken.
3. i tot ur not banci kamera like you always have pinpointed at me ?

cheers
-S-

A Father said...

1. it is (lo mo bales dendam ya ma gw?! gara2 my last comment on ur blog)

2. indeed, thats why I bought the camera.

3. I was talkin bout u...except lo ga jelek sih...tat part's for someone other than u

4. huehehehe

Bijuk said...

1. engga, emang lo jarang ngeblog panjang. dasar nuduh aja!
2. iye iye...emang bagus.puas?
3. trimakasih blg gw ga jelek.tp kl diblg good looking would be better :D

A Father said...

1. ga nuduh...cuma faktanya mang gitu (dan lo sering banget balikin kata2 gw kan?)

2. Puas lah!

3. Another proof of narcism

Bijuk said...

1. NUDUH
2. lebih puas lg kl objectnya gw :D
3. ga ada salahnya being narcist, bukti kepercayaan diri ho ho ho