Wednesday, June 06, 2007

Sushi Fools


ini buat yang sering ato yang mau makan sushi, gw dari dulu dah curiga ini kalo makan sushi pasti ada etiketnya, dari urutan pesenan sampe cara makan. Untungnya gw selama ini suka makannya di resto sushi yang franchise gitu, jadi ga seberapa malu-maluin kalo salah...hihihii...
Ada banyak site di internet tentang etiket makan sushi, dan semua rata2 ngalamin hal yg sama ma gw, yaitu bingung musti pesen apa dan cara makannya. Dibawah gw tulis rangkuman singkat dari smua site yg gw temuin ya, moga2 bermanfaat:

Sushi itu dulunya adalah makanan istimewa, biasa dimakan oleh para samurai jepang saat perang, kokinya dinamain Itamae. Kalo ngomong samurai pasti ga jauh2 dari adat yang kental. Jaman dulu para samurai sangat hormat pada Itamae, karena mereka sangat menghormati orang yang mengisi perut mereka tiap hari.
Ada empat macam sushi yang basic dan cara makannya,
Sashimi (potongan ikan mentah), biasa dipesan sebagai pembuka, bole pake sumpit ato tangan, campurin kecap asin sama sedikit wasabi di ujung piring kecil, celupin dikit aja ke wasabinya.
Nigiri (nasi pake ikan mentah diatasnya), kalo pake tangan pegang bagian ikan pake jempol dan bagian bawah nasi pake telunjuk, biasanya uda ada wasabi antara ikan dan nasi, jadi jangan nambah terlalu banyak, bisa dianggap penghinaan pada itamae, colek kecap dikit di bagian ikan jangan bagian nasi, makan sekali suap dengan ikan menghadap bawah dan menempel ke lidah, feel the texture.
Makisushi (nasi gulung pake isi dibungkus nori), cara makan sama seperti nigiri, sekali suap aja, jangan mpe malu-maluin pake makan setengah terus kita sibuk ngumpulin pecahan nasinya di piring.
Temaki (seperti ice cone pake nori), nah yang ini mpe sekarang gw ga nemu cara makannya, gw sih pake tangan terus makan dari ujung cone bawahnya....hihihi...ada yang tau?

terus kalo lama nunggu pesenan, mending ambil rebus kacang dulu...ga usa sok di campur wasabi makan kacangnya...hehe...ada satu lagi yaitu acar jahe (weksss) dulu gw ga ngerti buat apa, ternyata itu buat nge-"reset" lidah lo supaya rasa ga campur aduk. Jadi tiap lo ganti tipe sushi ato jenis ikannya, mending makan dulu acar ini selembar (sumpah aneh bgt rasanya). Itu aja, satu lagi kalo emang lo makan di sushi bar beneran ama real japs yg kokinya, better baca2 dulu di internet etiketnya...
HAPPY SUSHI DIPPING......!!!!!!

2 comments:

Bijuk said...

jadi laper! kl yg jahe itu siy gw makan iseng nungguin pesanan hihiihi

A Father said...

errrrrr....itu bisa buat lidah lo kebal kan?!?!?